Akutansi

Home  /  Akutansi

Meningkatnya aktivitas di sektor usaha menyebabkan kompleksnya pengelolaan data transaksi. Berbagai perusahaan tentu membutuhkan akuntan dalam mengelola bisnisnya agar dapat berjalan dengan baik dan lancar.  

Berdasarkan data yang disampaikan oleh Staf Khusus Menteri Komunikasi dan Informatika Bidang Digital dan Sumber Daya Manusia, Dedy Permadi, dalam acara Konferensi Regional Akuntansi (KRA) IX 2022, Indonesia saat ini memiliki kebutuhan akuntan profesional hingga 452.000 orang, sedangkan saat ini baru tersedia sekitar 53.000 orang.  

Kebutuhan profesi akuntan masih tinggi dan perlu diisi dengan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan digital. Namun, sebelum kamu memilih Jurusan Akuntansi, yuk pahami dulu pengertian hingga prospek kerjanya!  

Apa itu Jurusan Akuntansi?  

Jurusan Akuntansi adalah sebuah studi yang mempelajari teknik dalam mengukur dan mengelola sebuah transaksi dengan melakukan pengidentifikasian, pencatatan, penggolongan dan peringkasan yang disajikan pada laporan keuangan. 

Untuk mengetahui lebih detail berikut pengertian Akuntansi menurut para Ahli: 

  1. AICPA (American Institute of Certified Public Accountans) pada tahun 1941, mendefinisikan akuntansi sebagai “seni mencatat, menggolongkan dan meringkas transaksi dan kejadian yang bersifat keuangan dengan cara tertentu dan dalam bentuk satuan uang, serta menafsirkan hasil-hasilnya.” 
  2. Menurut Winarno pada tahun 2005, akuntansi adalah ‘’proses pencatatan, pengolahan dan penyajian data transaksi keuangan terhadap pihak-pihak tertentu.” 
  3. Menurut Soemarsono pada tahun 2004, akuntansi merupakan “proses dalam mengidentifikasi, mengukur dan melaporkan informasi ekonomi yang memungkinkan adanya penilaian dalam mengambil keputusan melalui informasi tersebut.” 

Apa Saja yang Dipelajari pada Jurusan Akuntansi?  

Dalam membuat laporan keuangan tentu membutuhkan keterampilan dan ketelitian ekstra. Hal ini memerlukan strategi agar kamu terbiasa dalam menyusun laporan keuangan perusahaan.  

Kurikulum pada jurusan tersebut juga perlu disesuaikan agar dapat diserap dengan baik di Industri.  Kurikulum Jurusan Akuntansi di Tel-U diadopsi dengan menggunakan pendekatan berbasis OBE (Outcome Based Education) yang memanfaatkan kapabilitas ICT dengan pemanfaatan jejaringnya di industri tersebut agar memperkuat proses pembelajaran. 

Oleh karena itu, kamu akan dilatih dengan mempelajari berbagai mata kuliah yang menunjang ilmu Akuntansimu. Berikut beberapa mata kuliah yang akan dipelajari apabila kamu menjadi mahasiswa Akuntansi: 

  1. Akuntansi bisnis 
  2. Akuntansi perpajakan 
  3. Sistem informasi akuntansi 
  4. Literasi data 
  5. Akuntansi keuangan 
  6. Literasi teknologi 
  7. Akuntansi manajemen 
  8. Analisis laporan terkait keuangan perusahaan 
  9. Kewirausahaan 

Jurusan Akuntansi memiliki kompetensi tambahan dengan pelatihan sertifikasi Qualified Internal Auditor Level Dasar I dan II, Bravet Pajak A dan B serta System Analysis and Program Development (SAP). Sertifikasi tersebut akan membantu kamu untuk menemukan prospek kerja yang terbaik. 

Bagaimana Prospek Kerja Jurusan Akuntansi?  

Setelah mengetahui dan mempersiapkan hal diatas, mahasiswa Jurusan Akuntansi kerja apa? Lulusan Akuntansi berpeluang besar untuk bekerja di perusahaan nasional dan multinasional. Berikut berbagai peran pekerjaan Akuntansi dapat kamu pilih, seperti: 

Akuntan 

Setelah lulus dari Jurusan Akuntansi, kamu akan dihadapkan dengan berbagai tawaran pekerjaan, salah satunya adalah menjadi seorang Akuntan. Pada posisi ini, kamu akan menyusun, memeriksa dan memastikan seluruh keuangan perusahaan dilakukan secara benar. Selain itu kamu juga memberikan saran dan rekomendasi terkait kebijakan keuangan serta pengelolaan risiko pada manajemen perusahaan. 

Auditor 

Prospek pekerjaan selanjutnya yaitu Auditor. Pada peran pekerjaan ini, kamu akan meninjau dan memperbaiki laporan keuangan. Dengan ilmu yang kamu kuasai, kamu akan dengan mudah menangani klien dalam mendata laporan keuangan. 

Konsultan Pajak  

Konsultan pajak menjadi prospek kerja yang menjanjikan bagi lulusan Akuntansi. Seorang konsultan pajak akan bertanggung jawab membantu klien untuk memenuhi kewajiban pajak dan penghematan pajak. Kamu akan memberikan saran dan konsultasi mengenai masalah pajak kepada klien sehingga permasalahan yang dimiliki klien dapat tersolusikan dengan baik.  

Akuntan Pendidik 

Selain berbagai prospek pekerjaan di atas, kamu juga bisa menjadi Akuntan pendidik di bidang Akuntansi. Meningkatnya jumlah mahasiswa di Jurusan Akuntansi juga menyebabkan meningkatnya kebutuhan akan tenaga pendidik Jurusan Akuntansi. Kamu dapat menjadi tenaga pendidik agar ilmu yang kamu miliki dapat terus bermanfaat dan berkembang.   

Smk Wiyata Mandala Kepung Menyediakan Jurusan Akuntansi?  

Bagaimana menarik bukan seputar jurusan Akuntansi? Bagi kamu yang masih bingung untuk memilih sekolah Jurusan Akuntansi, kamu dapat memilih Jurusan Akuntansi di Smk WIMA Kepung!  siap memberikan kesempatan kepada kamu untuk menggali potensi dan mengembangkan skill kamu agar menjadi lulusan terbaik.  

 

Copyright ©2024 SMK WIMA KEPUNG